Tips & Review

tips

5 Tips Aman Gunakan Makeup untuk Kulit Wajah Sensitif

Tips sehingga makeup tetap terlihat oke walau pada kulit wajah sensitif sekali pun.

25 Mei 2018

Sebagian wanita memiliki kulit sensitif terutama di bagian wajah. Umumnya, kulit wajah sensitif akan lebih reaktif saat menggunakan makeup. Meski begitu, bukan berarti kamu harus langsung menghentikan pemakaian makeup begitu saja, terlebih saat harus menghadiri acara tertentu. Kamu hanya memerlukan beberapa tips sehingga makeup tetap terlihat oke walau pada kulit wajah sensitif sekali pun.

Selalu bersihkan kulit wajah kamu
Sebelum mengaplikasikan makeup, cuci wajah dengan sabun pembersih khusus kulit sensitif. Kamu juga bisa menggunakan air mawar untuk mencegah kulit gatal dan kemerahan. Jika ingin eksfoliasi kulit, sebaiknya gunakan scrub berbahan alami seperti oatmeal yang dicampur dengan sedikit air hangat dan minyak kelapa. Setelah dibilas hingga bersih, lanjutkan dengan penggunaan pelembap khusus untuk perawatan kulit sensitif agar kesehatan kulit wajahmu terjaga.

Jangan lupakan sunscreen
Sinar matahari bisa memberi efek yang lebih parah pada kulit wajah sensitif. Sedikit saja terkena paparan sinar matahari efeknya bisa menyebabkan inflamasi dan kemerahan, sehingga kamu wajib menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Agar tak salah pilih, kamu bisa coba PIXY White-Aqua Gel Cream Day Cream yang mengandung SPF 30. Ada pula kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan agar kulit wajah tetap sehat terawat.

Tes makeup sebelum memakainya untuk acara tertentu
Kulit sensitif biasanya sangat reaktif terhadap makeup. Jika kamu harus menggunakan makeup untuk acara tertentu, sebaiknya tes dulu penggunaan makeup beberapa hari sebelumnya untuk memastikan bahwa produk makeup tersebut memang cocok. Apabila mendadak harus ber-makeup, pastikan kamu sudah melewati skin patch test, yaitu mengoleskan produk kosmetik di kulit belakang telinga untuk mengetes apakah ada reaksi negatif yang ditimbulkan.

Pakai color-correcting concealer
Pemilik kulit sensitif memiliki kecenderungan warna kulit kemerahan di beberapa bagian, terutama saat berada pada ruangan dengan suhu yang terlalu panas ataupun terlalu lama berada di dalam ruang ber-AC. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyamarkannya menggunakan color-correcting concealer atau corrector berwarna hijau. Menariknya, color-correcting concealer ini juga bisa mencegah kulit wajah kamu terlihat kusam, lho!

Blush on dengan shade oranye untuk menyamarkan kemerahan
Jika ternyata dalam kotak makeup-mu tidak ada color-correcting concealer kamu juga bisa memanfaatkan blush on untuk menyamarkan kemerahan di wajah. Agar kemerahan akibat kulit sensitif tersebut tersamarkan, kamu bisa gunakan blush on dengan tone warna oranye atau peach. Penggunaan warna blush on peach juga dapat digunakan untuk menutupi bintik hitam di sekitar wajah. Penampilan juga akan terlihat lebih segar.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap aman menggunakan makeup meski memiliki kulit wajah sensitif. Pastikan setiap kali mengaplikasikan produk kecantikan, lakukan dengan lembut dan tipis-tipis secara merata. Jika makeup digunakan secara berlebihan, maka efeknya justru semakin membuat kulit sensitif terlihat lebih kemerahan, gatal-gatal, bahkan iritasi. Ingat, wajah perlu bernapas sehingga penggunaan makeup harus dalam batas yang cukup.
Sebelum menggunakan makeup jangan lupa untuk terlebih dulu membaca kandungan yang ada di dalam produk dengan teliti. Gunakan makeup yang mencantumkan kode "hypoallergenic" atau "dermatology tested" untuk perawatan kulit wajah sensitif. Selain itu, kamu pun harus selalu membersihkan sponge dan brush makeup secara teratur untuk mencegah kontaminasi bakteri penyebab iritasi.