Tips & Review

tips

Agar Tidak Salah, Cari Tahu Perbedaan Kulit Wajah Kering, Berminyak, Normal, dan Kombinasi

Pahami perbedaan jenis-jenis kulit wajah dan cara merawatnya

08 Juni 2018

Secara umum, ada empat jenis kulit wajah wanita di seluruh dunia, yaitu kulit wajah kering, berminyak, normal, dan kombinasi. Tentu saja, sebelum membeli makeup atau produk perawatan wajah, kamu terlebih dulu harus mengetahui kondisi kulit wajah agar produk yang digunakan nanti bisa sesuai dan tidak merusak kulit. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan jenis-jenis kulit wajah dan cara merawatnya. Yuk, cari tahu di sini!

Kulit wajah normal
Yang dimaksud dengan kulit wajah normal adalah kondisi di mana kulit tidak terlalu kering maupun berminyak karena kadar kandungan air dan minyak pada wajah seimbang. Pori-pori pada kulit wajah normal pun hampir tak terlihat. Cara perawatan jenis kulit ini terbilang yang paling mudah dan simpel, cukup pakai sabun pembersih wajah yang lembut dan jangan menggosok wajah terlalu kasar.

Kulit wajah kering
Kulit wajah kering disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada lapisan kulit terluar sehingga permukaan terluar terlihat kasar, kusam, dan kurang elastis. Kondisi ini menyebabkan kulit wajah kamu mudah gatal dan memerah jika terpapar sinar matahari. Untuk itu, gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol, hindari mencuci wajah dengan air hangat terlalu lama, serta selalu pakai pelembap seperti PIXY White-Aqua Gel Cream setelah mencuci wajah.
Pelembap wajah dari PIXY tersebut dapat untuk melembapkan kulit wajah kering dengan kandungan Hydra Active yang dapat melembapkan dan menyegarkan kulit sehingga kulit tampak tetap sehat dan kenyal. Selain itu, pelembap ini juga mengandung Natural Whitening Extract dan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam sehingga kulit tampak cerah merata.

Kulit wajah berminyak
Produksi sebum berlebih dari kelenjar minyak membuat kulit wajahmu jadi lebih berminyak. Sebetulnya sebum berfungsi menjaga kelembapan kulit, tetapi karena kelebihan, kulit wajah pun jadi berminyak. Sebagai langkah perawatan, sebaiknya gunakan produk berlabel non-comedogenic seperti PIXY Facial Foam Anti Acne. Dengan begitu, kulit wajah kamu akan tetap sehat dan terhindar dari jerawat membandel.
Saat memilih makeup sebaiknya gunakan produk berbasis air. Selain itu, pastikan juga kamu memilih produk dengan tulisan oil-free. Alih-alih menggunakan compact powder, sebaiknya kamu gunakan loose powder atau bedak tabur saja karena bebas minyak dan aman untuk diaplikasikan pada kulit wajah berminyak.

Kulit wajah kombinasi
Pemilik kulit wajah kombinasi biasanya mengalami permasalahan kulit di mana area T-zone (dagu, hidung, dan dahi) berminyak, tetapi kulit di area pipi tetap kering. Cara perawatannya pun dibutuhkan kombinasi produk perawatan untuk jenis kulit ini. Misalnya, produk anti jerawat diperlukan di area T-zone, sedangkan pipi membutuhkan pelembap yang bahan dasarnya berbasis minyak.
Pada area wajah yang cenderung berminyak, oleskan pelembap tipis-tipis saja. Pilih pelembap bertekstur gel atau lotion yang mengandung lebih banyak air untuk melembapkan kulit kering tanpa membuatnya berminyak. Setelah mencuci muka, kamu juga bisa memulaskan face toner yang mengandung antioksidan dan berbahan dasar air atau gliserin agar kulit tetap terhidrasi dengan sempurna.

Bagaimana dengan kondisi jenis kulit wajah kamu? Pastikan untuk memahami kebutuhan nutrisi kulit agar tetap terjaga kesehatan dan kelembapannya. Dengan begitu, kamu bisa tampil lebih cantik maksimal meski hanya mengaplikasikan makeup secara tipis-tipis saja. Oh ya, selalu cermati label kemasan produk skincare yang akan kamu gunakan agar tidak salah pilih, ya.