Tips & Review

tips

Bagaimana Cara Membentuk Alis yang Mudah untuk Pemula?

Alis memegang peranan penting untuk melengkapi riasan di wajahmu. Simak beberapa tips cara membentuk alis yang rapi.

15 Juni 2018

Cara membentuk alis yang rapi dan "penuh" dapat membuat wajah kamu terlihat tegas dan lebih terdefinisi. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa membuat dan mengisi alis tidaklah mudah, terlebih bagi para pemula. Mau makeup soft-look, bold-look, atau bahkan elegant-look sekali pun, alis memegang peranan penting untuk melengkapi riasan di wajahmu. Untuk itu, kamu bisa menyimak beberapa tipsnya di sini. Let’s see!

Rapikan dulu rambut alis
Langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum membentuk alis sendiri adalah dengan merapikan rambut alis terlebih dulu. Sisir alis ke bagian bawah menggunakan sikat khusus. Hal ini bisa membuat bagian terluar alis terlihat jelas sehingga dapat memudahkan kamu untuk membingkai alis.

Tentukan lengkungannya
Letakkan pensil alis sejajar dengan batang hidung untuk menentukan titik di mana alis mulai bisa terlihat tumbuh. Masih dengan posisi pensil alis yang sejajar batang hidung, tarik garis miring sehingga terbentuk sudut segitiga dari ujung hidung. Hal ini untuk mengetahui titik tertinggi alis (arch). Lalu, untuk mengetahui panjang alis, tarik garis miring dengan pensil alis hingga terbentuk sudut dari hidung hingga ujung alis. Buatlah titik di area ujung alis dan jangan sampai membingkai alis melebihi titik tersebut.

Mulai bentuk dan isi alis
Gunakan pensil alis seperti PIXY Eye Brow untuk mengarsir tepi luar alis bagian atas dan bawah secara perlahan. Lalu, isi bagian dalam alis kamu. Nah, untuk mendapat tampilan alis yang lebih natural, sebaiknya kamu menghindari warna-warna gelap sebab kebanyakan pemula kesulitan untuk mengontrol warna dan pigmentasi produk alis yang digunakan. Warna cokelat atau abu-abu kecokelatan adalah warna yang terbaik untuk pemula yang baru belajar cara membentuk alis sendiri.

Tekan secara perlahan
Setelah menemukan warna produk alis yang tepat, kamu bisa memperhatikan kekuatan tekanan saat membentuk alis. Agar hasilnya tidak terlalu tebal, posisikan tangan miring ke samping, bukan langsung menghadap ke wajah seperti ketika hendak mencolok mata. Dengan begini, kamu bisa membuat transisi yang halus. Tekan secara perlahan dan tipis-tipis terlebih dulu.
Jangan lupa, setelah kamu selesai membentuk alis sesuai dengan bentuk yang diinginkan, rapikan kembali alis agar terlihat lebih rapi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyisir alis ke arah atas seperti yang kamu lakukan di tahapan awal. Apabila ada kesalahan di mana masih ada rambut alis yang berada di luar bingkai, maka kamu bisa menutupinya dengan mengaplikasikan concealer.

Sempurnakan dengan concealer
Jika sebelumnya kamu mengenal concealer sebagai produk makeup yang ampuh menutupi ketidaksempurnaan kulit wajah, maka kali ini concealer juga berperan penting dalam proses membentuk alis bagi para pemula. Kamu bisa mengaplikasikan concealer untuk menyamarkan alis yang tumbuh di luar bingkai yang sudah kamu buat. Pilih concealer bertekstur cair atau cream untuk hasil maksimal. Aplikasikan dan ratakan dengan eyebrow brush atau ujung beauty blender.

Cara membentuk alis sendiri ternyata mudah, bukan? Kalau masih kesulitan, kamu bisa terus berlatih agar terbiasa nantinya. Jangan sedih kalau bentuk, ukuran, atau lengkungan alis kanan dan kirimu berbeda. Hal tersebut wajar dialami sebagian besar wanita di seluruh dunia, kok. Daripada pusing memikirkan perbedaan alis kanan dan kiri, kamu bisa mempelajari cara membentuk alis agar lengkungannya tampak lebih seimbang dan natural.