Tips & Review

tips

Begini 5 Cara Pakai Foundation Agar Tidak Terlihat Cakey!

Cakey adalah sebuah istilah yang merujuk pada kondisi wajah di mana riasan makeup kamu terlihat tebal atau dempul. Salah satu penyebab utamanya adalah pemakaian foundation yang kurang tepat.

09 Mei 2018

Wajah yang cakey bisa menonjolkan jerawat dan memperlihatkan garis-garis halus sehingga kamu terlihat lebih tua. Karenanya, pastikan base foundation kamu sudah tepat, ya!

Pakai primer sebelum foundation
Mungkin banyak di antara kamu yang sering kali tidak menggunakan primer dengan alasan ribet. Tapi, tahukah kamu bahwa primer sebenarnya sangat penting untuk menciptakan hasil riasan yang lebih halus dan sempurna? Produk ini dapat membantu menyamarkan pori-pori wajah sehingga terlihat lebih smooth. Primer juga dapat membuat foundation lebih menempel sehingga kamu tak perlu terlalu banyak memakai foundation.
Selain mudah diaplikasikan, primer juga dapat menyamarkan pori-pori besar hingga noda bekas jerawat yang menganggu penampilan. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan tampil cakey dan kurang pede jika menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation. Pastikan kamu menggunakan produk ini untuk menyempurnakan tampilan makeup sehari-hari.

Pilih foundation sesuai jenis kulit
Foundation alias alas bedak merupakan produk makeup yang berfungsi untuk membuat riasan wajah nampak lebih sempurna. Produk ini dapat meratakan warna kulit wajah dan membuat kulit tampak menjadi lebih smooth. Pori-pori besar pada wajah juga dapat tertutupi sehingga tampilanmu bisa nampak makin cantik alami.
Untuk menghindari penggunaan foundation yang cakey, pastikan kamu memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kulit wajahmu kering, pilih foundation yang oil-based. Namun, apabila kulit wajahmu cenderung berminyak, pilih foundation yang water-based. Cara pakai foundation yang tepat akan membuat tampilan riasan wajahmu makin menawan.

Aplikasikan bedak tabur
Memiliki tekstur yang ringan dan berfungsi menyerap minyak pada wajah, pengaplikasian bedak tabur setelah menggunakan foundation dapat membuat riasanmu lebih cantik. Bedak tabur dapat mengunci hasil foundation sehingga bisa lebih tahan lama. Kamu bisa menggunakan PIXY UV Whitening Loose Powder untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.
Bedak tabur lebih baik digunakan dibanding bedak padat karena hasilnya yang lebih natural. Setelah menggunakan foundation, biasanya kulit wajahmu akan terlihat tebal dan kaku. Dengan menggunakan bedak tabur, kamu bisa mengatasi hal tersebut dan mendapatkan hasil riasan yang lebih cantik dan alami sepanjang hari.

Gunakan aplikator yang tepat
Aplikator yang tepat bisa memaksimalkan tampilan foundation. Sebenarnya, cara pakai foundation agar tahan lama tergantung pada hasil yang ingin diperoleh. Jika kamu ingin hasil contouring lebih terlihat, maka sebaiknya gunakan kuas. Namun, apabila ingin riasan terlihat lebih flawless, sebaiknya gunakan spons beauty blender untuk tampilan foundation rata maksimal.
Penggunaan aplikator yang tepat juga didasarkan pada jenis foundation yang kamu gunakan. Jika menggunakan foundation bertekstur cair, sebaiknya pakai aplikator spons atau brush foundation berbentuk apa pun. Namun, apabila menggunakan foundation bertekstur krim atau powder, sebaiknya gunakan brush berbentuk bulat yang padat.

Akhiri dengan setting spray
Produk makeup satu ini digunakan setelah kamu selesai merias wajah. Fungsinya untuk menyatukan semua komposisi makeup sehingga terlihat lebih natural dan tahan lama. Pilih yang dilengkapi dengan vitamin E seperti PIXY Aqua Beauty Protecting Mist.
Produk PIXY satu ini berfungsi melembapkan kulit dan menjadi cara pakai foundation agar tahan lama yang bisa kamu ikuti. Fitur Makeup Lock didalamnya membuat makeup dapat terkunci selama delapan jam. Sangat cocok sebagai cara pakai foundation agar tahan lama bagi kamu yang ingin tampil cantik tanpa gangguan berarti.

Ikutilah cara pakai foundation diatas untuk tampilan yang bebas cakey, ya. Pastikan makeup-mu menempel sempurna dan tahan lama. Semoga bermanfaat!