Tips & Review

tips

Gaya Riasan Mata Paling Oke untuk Kamu yang Monolid

Monolid adalah bentuk mata yang tidak memiliki garis lipatan secara natural pada kelopak.

22 Maret 2018

Monolid adalah bentuk mata yang tidak memiliki garis lipatan secara natural pada kelopak. Umumnya, mata monolid dimiliki oleh sebagian besar wanita Asia, termasuk Indonesia. Meskipun bukan merupakan suatu kekurangan, riasan mata monolid membutuhkan perhatian khusus karena eyeliner atau eyeshadow yang digunakan bisa tak terlihat saat kamu membuka mata. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Selalu pakai primer sebelum merias mata
Sebelum mulai melakukan riasan mata, aplikasikan primer pada kelopak mata kamu terlebih dulu. Memiliki mata monolid berarti kelopak kamu akan “terlipat” ke dalam. Saat menggunakan eyeliner atau eyeshadow, riasan mata akan lebih mudah mengalami smudging sehingga berisiko terlihat berantakan. Nah, menggunakan primer bisa membantu kamu mencegah hal tersebut. Tak hanya itu, primer juga dapat membuat warna eyeshadow lebih “keluar” dan riasan mata kamu tahan lebih lama.

“Membuat” kelopak mata dengan fake crease
Fake crease adalah teknik membuat dimensi eyeshadow sehingga kamu akan terlihat seolah-olah memiliki lipatan kelopak mata. Sebetulnya fungsinya mirip dengan pembuatan cut crease untuk mempertegas kelopak mata. Hanya saja, pemilik mata monolid harus membuat crease sendiri.
Kuncinya adalah dengan menggunakan eyeshadow dua warna untuk diaplikasikan pada bagian bawah dan atas kelopak. Jangan lupa untuk melakukan blending sebaik mungkin agar fake crease kamu terlihat halus dan natural.

Memadukan dengan eyeshadow berwarna terang
Setelah membuat fake crease, kamu bisa membuat mata monolid tampak lebih berdimensi dengan menggunakan highlight atau eyeshadow berwarna terang pada bagian tengah kelopak mata. Selain itu, bubuhkan pula sedikit highlight pada sudut bagian dalam mata (inner corner). Dengan begini, walau menggunakan riasan mata natural, mata kamu tetap terlihat lebih besar dan terbuka.

Gunakan gel eyeliner
Eyeliner dapat membuat mata kamu tampak lebih tajam. Perlu diingat bahwa mata monolid memiliki kelopak yang masuk ke dalam sehingga eyeliner lebih rentan tergesek dan mengalami smudging. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan eyeliner berbentuk gel yang lebih tahan risiko smudging jika dibandingkan dengan pencil liner.
Daripada bingung memilih eyeliner, kamu bisa menggunakan PIXY Bold to Last Gel Eyeliner yang dapat memberi hasil riasan mata natural dalam tekstur matte. Jangan lupa pula menggunakan eyeliner di bawah mata. Tapi cukup aplikasikan di bagian ujung luar hingga tengah saja, ya. Kalau kamu menggariskan eyeliner secara penuh di bawah mata, mata kamu justru akan terlihat lebih kecil.

Jangan lupakan maskara
Last but definitely not least, kamu yang memiliki mata monolid juga wajib menggunakan maskara. Pengaplikasian maskara dapat membuat mata kamu jadi tampak lebih lebar dan “terbuka”. Pilih maskara waterproof seperti PIXY Volumizing Waterproof Mascara agar riasan mata kamu tahan air dan tidak mudah luntur. Tak hanya itu, maskara waterproof dari PIXY ini juga dapat memberikan efek menebalkan yang akan membuat bulu mata kamu tampak lebih banyak dan tebal.

Jangan merasa minder dengan mata monolid kamu. Dengan riasan mata yang tepat, penampilan kamu tetap akan terlihat menarik. Tentunya dibutuhkan latihan agar kamu bisa mendapatkan riasan mata natural yang sesuai keinginanmu. Jadi, terus berusaha dan jangan menyerah, ya!