Tips & Review

tips

Mengenal Berbagai Jenis Brush Makeup dan Fungsinya

Brush makeup yang bagus akan mendukung pengaplikasian makeup di wajah dengan lebih sempurna.

02 Mei 2018

Sebagai aplikator yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan hampir seluruh produk makeup, brush memiliki peranan yang sangat penting. Nah, ternyata brush tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ada  berbagai jenis dan fungsi brush makeup yang bisa kamu jumpai. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Foundation brush
Berbentuk pipih dengan ujung agak melengkung, brush satu ini bisa untuk mengaplikasikan liquid foundation dan BB Cream. Penggunaan foundation brush ini akan membantu kamu mendapatkan tampilan foundation yang tidak terlalu tebal dan merata ke seluruh bagian kulit wajah. Menggunakan brush makeup yang satu ini juga akan membantu kamu mendapatkan coverage yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan jari tangan.

Powder brush
Umumnya, powder brush memiliki bentuk yang paling besar di antara brush makeup lainnya. Aplikator ini berfungsi untuk meratakan bedak pada wajah tanpa terlihat tebal. Powder brush ini sangat cocok digunakan pada penggunaan loose powder alias bedak tabur.

Blusher brush
Jenis brush makeup ini digunakan untuk mengaplikasikan blush on pada pipi, biasanya tersedia dalam ukuran kecil, sedang, dan besar. Bentuk gagang blusher brush ini juga sedikit lebih ramping jika dibandingkan powder brush, dengan tingkat ketebalan bulu medium.

Contour brush
Contour brush memiliki kemiringan pada susunan bulunya yang dapat membantu mengaplikasikan contour pada tulang pipi atau rahang sehingga wajah terlihat lebih tirus. Biasanya, contour brush memiliki bentuk ujung yang meruncing untuk menjangkau ujung tulang pipi, garis dahi, dan garis dagu.

Eye shadow brush
Eye shadow brush berbentuk pipih dan ujung brush yang bulat. Ujung brush ini berukuran kecil sehingga dapat dengan mudah menjangkau hingga bagian ujung kelopak mata untuk mengaplikasikan berbagai warna eye shadow.

Blending brush
Sepintas, blending brush memiliki bentuk menyerupai dayung dengan ujung berbentuk oval. Biasanya, susunan bulu brush makeup ini cenderung bulat dan lebih tebal jika dibandingkan dengan brush lainnya. Dinamakan blending brush sebab berfungsi untuk membaurkan warna eye shadow agar menciptakan gradasi warna yang baik.

Lip brush
Brush makeup yang satu ini terdiri dari susunan bulu yang cenderung tipis. Bentuk kuas yang tipis ini sengaja dirancang untuk membentuk garis bibir lebih sempurna. Selain itu, lip brush juga bisa mengatur intensitas (tebal/tipisnya) warna lipstik sesuai keinginan. Umumnya, lip brush digunakan untuk mengaplikasikan lipstick palette atau lipstick matte secara lebih mudah.

Fan brush
Dinamakan fan brush sebab brush makeup ini berbentuk seperti kipas dengan susunan bulu yang cukup tipis. Kalau kamu adalah pemula dalam dunia tata rias, brush yang satu ini adalah aplikator yang paling mudah dikenali sebab bentuknya yang unik. Umumnya, fan brush digunakan untuk mengaplikasikan highlight pada bagian-bagian tertentu wajah.

Ada banyak sekali jenis brush makeup yang harus kamu ketahui masing-masing fungsinya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat!